Materi Lengkap Membaca Iklan

Materi Lengkap Membaca Iklan - Berikut ini adalah pembahasan tentang materi lengkap membaca iklan yang pembahasannya meliputi pengertian iklan, contoh iklan, kalimat fakta dalam iklan pendidikan, penjelasan isi salah satu kalimat dalam iklan layanan masyarakat. Untuk lebih detailnya mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Materi Lengkap Membaca Iklan
Materi Lengkap Membaca Iklan

Kalimat Fakta dalam Iklan Pendidikan


Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektivitas atau tujuan pemasaran (Gilson dan Berkman, 1980)
Iklan pendidikan adalah iklan iklan yang di sampaikan oleh institut pendidikan, baik dinas pendidikan kecamatan, kabupaten, provinsi, atau oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Arief Mustofa).
Fakta adalah suatu yang tertangkap oleh indra manusia  atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbantuk frase dan kata.

Contoh Iklan Pendidikan

Perhatikan iklan berikut!

                                              PENGUMUMAN 

Diberitahukan kepada siswa SMP Inovasi, bahwa pada tanggal 23 November 2013 pikul 14.00 s.d 16.00 bertempat di Lapangan SMP Inovasi akan dilaksanakan Pembukaan Respect Cup II. Harap seluruh siswa menghadiri kegiatan tersebut.


Penjelasan Iklan pengumuman tersebut adalah Selurus siswa SMP Inovasi supaya menghadiri acara pembukaan Respect Cup II.  


Pembahasan:


Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah Selurus siswa SMP Inovasi supaya menghadiri acara pembukaan Respect Cup II.  

Penjelasan Isi Salah Satu Kalimat dalam Iklan Layanan Masyarakat

Iklan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam kesadaran dan kehidupan umum (wikipedia).
Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Maksud kalimat dalam iklan merupakan makna tersirat dalam kalimat tersebut, atau penjelasan dari sebuah kalimat.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Perhatikan iklan berikut!

Butuh Uang dalam Waktu Singkat?

        Jangan pernah ragu-ragu datangi pegadaian di sekitar Anda. Pegadaian menyelesaikan masalah tanpa masalah.


Maksud iklan tersebut adalah Pegadaian memberi solusi bagi masyarakat yang kesulitan uang.


Pembahasan:

Penjelasan iklan teks tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua tersebut adalah Pegadaian memberi solusi bagi masyarakat yang kesulitan uang.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang materi lengkap membaca iklan, Semoga bermanfaat bagi sahabat semuanya. Terima kasih telah berkunjung di web ini. Silahkan beri komentar positif.
Baca Juga : Materi Lengkap Gagasan Utama Paragraf

Sumber : Sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Lengkap Membaca Iklan"

Post a Comment