Materi Lengkap Gagasan Utama Paragraf

Materi lengkap gagasan utama paragraf - Istilah paragraf (berasal dari bahasa yunani paragraphos yaitu menulis disamping atau tertulis disamping). adalah suatu jenis tulisan yang memiliki tujuan atau ide. Awal paragraf ditandai dengan masuknya ke baris baru. Terkadang baris pertama dimasukkan; kadang-kadang dimasukkan tanpa melalui baris baru.

Pengertian Gagasan Utama/Ide Pokok

Gagasan utama/ide pokok adalah pokok masalah yang mendasari cerita yang bersifat abstrak/implisit atau kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya terdapat pada awal atau akhir paragraf.
Penjelasan Lengkap Gagasan Utama Paragraf
Penjelasan Lengkap Gagasan Utama Paragraf

Ada juga gagasan utama yang terletak ditengah paragraf  bila paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi. Bila paragrafnya paragraf campuran, gagasan utamanya ada di awal dan di akhir paragraf . Ciri-ciri khusus kalimat utama adalah memiliki makna paling umum diantara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf yang sama.

Contoh :

Di Jawa Timur angka kematian Ibu (AKI) menungkat. Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pada 2011 AKI justru 204,3 per 100.000 kelahiran hidup. Meningkatnya Aki terjadi akibat keterlambatan petugas kesehatan merujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Umum dr. Soetomo, mengatakan bahwa kebanyakan petugas kesehatan di kelurahan atau kecamatan  memberi rujukan  kerumah sakit pemerintah karena pertimbangan biaya. Padahal, banyak rumah sakit swasta yang di lewati pasien ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit pemerintah. 
Gagasan utama paragraf tersebut adalah penyebab angka kematian ibu di Jawa Timur meningkat

Pembahasan:

Gagasan utama/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir paragraf. Kalimat utama tersebut bersifat umum  dengan ditandai kata yang merujuknya.

Kata Kunci:

Di Jawa Timur angak kematian ibu (AKI) meningkat. Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pada 2011 AKI justru 204,3 per 100.000 kelahiran hidup.
Meningkatnya AKI... Kata yang merujuknya: meningkat.....
Kalimat utamanya adalah Di Jawa Timur angka kematian ibu (AKI) meningkat.

Demikianlah penjelasan lengkap gagasan utama paragraf yang meliputi pengertian gagasan utama/ide pokok, contoh paragraf, pembahasa gagasan utama paragraf. Semoga dapat diambil manfaatnya. Terima kasih

Sumber : Sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs

Baca Juga : Paragraf Persuasi: Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Lengkap Gagasan Utama Paragraf"

Post a Comment