Iklan: Pengertian dan Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli

Iklan: Pengertian dan Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli - Berikut ini teacher akan menjelaskan tentang pengertian iklan dan jenis-jenis iklan menurut para ahli. Untuk lebih detailnya yuk kita baca dan pelajari materi dibawah ini.

Pengertian Iklan

Iklan adalah informasi yang isinya membujuk khalayak banyak atau orang banyak supaya tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan kata lain, iklan memberitahu kepada banyak orang mengenai barang dan jasa yang dijual, dipasang di media massa seperti koran dan majalah atau tempat-tempat umum.

Iklan: Pengertian dan Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli

Kata iklan berasal dari kata yunani yang artinya menggiring orang-orang kepada gagasan. Pengertian iklan secara lengkap adalah semua wujud aktivitas untuk mendatangkan dan menawarkan ide, barang atau jasa secara bukan personal yang dibayarkan oleh sponsor tertentu.

Secara umum, iklan berwujud penyajian informasi nonpersonil tentang suatu produk, merek, perusahaan, atau toko yang dijalankan dengan kompensasi biaya tertentu. Maka dari itu, iklan berupa proses kominikasi yang memiliki tujuan membujuk atau menarik orang banyak untuk mengambil tindakan yang menguntungkan pihak yang membuat iklan.

Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli

1. Bitner

Menurut Bitnar, iklan ada dua yaitu;
  • Iklan standar, adalah iklan yang ditata secara khusus untuk keperluan memperkenalkan produk atau barang, jasa, pelayanan untuk konsumen melalui media periklanan.
  • Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang sifatnya non profit dan berupaya memperoleh keuntungan sosial di dalam masyarakat.

2. Frank Jefkins

Menurut Frank Jefkins, secara garis besar iklan bisa digolongkan menjadi tujuh kategori pokok, diantaranya :
  • Iklan konsumen: iklan yang mempromosikan barang-barang konsumsi yang umum/biasa dibeli oleh masyarakat.
  • Iklan antar bisnis: iklan yang mempromosikan barang-barang dan jasa non konsumen. Maksudnya, yang memasang iklan dan yang menjadi sasaran iklannya sama-sama perusahaan.
  • Iklan perdagangan: iklan yang secara khusus ditujukan untuk kalangan distributor, pedagang, agen dan lain sebagainya.
  • Iklan eceran: iklan-iklan yang dibuat dan dibiayai oleh pihak pemasok/perusahaan dan dilancarkan kepada pihak pengecer.
  • Iklan keuangan: iklan-iklan untuk bank, jasa tabungan, asuransi dan investasi. Untuk pelengkap terkadang disertai juga laporan keuangan perusahaan.
  • Iklan langsung: iklan yang memakai medium pos (direct mail).
  • Iklan lowongan kerja: iklan yang mempunyai tujuan merekrut calon pegawai atau pekerja untuk dipekerjakan.

3. Courtlan L. Bovee

Menurutnya, iklan dibagi menjadi empat kategori, yaitu:
  • Berdasarkan khalayak sasaran psikografis.
  • Berdasarkan khalayak sasaran geografis : iklan internasional, nasional, regional, dan lokal.
  • Berdasarkan tempat media : iklan media cetak dan media elektronik.
  • Berdasarkan fungsi dan tujuannya iklan : iklan barang/bukan barang, iklan komersial/non komersial, iklan dampak langsung/tidak langsung.

4. Alo Liliweri

Menurut Alo Liliweri, iklan dibedakan menjadi beragam kategori. Kategori tersebut yaitu :

Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dikelompokan menjadi dua kategori besar yaitu :

  • Media above the line

Memiliki karakteristik yang khas, antara lain : informasi yang disebarkan secara serempak atau bebarengan, halayak yang menerima pesan cenderung anonim (tanpa nama), dan dapat merangkul khalayak yang luas.

  • Media below the line

Sementara itu, media below the line adalah iklan yang menggunakan media khusus seperti leaflet, poster, spanduk, bus stop, stiker baliho, dan lain-lainnya.

Nah itulah pengertian iklan menurut para ahli, sedangkan secara garis besar, jenis-jenis iklan dapat kita kategorikan menjadi dua kelompok yaitu iklan cetak dan iklan elektronik.

MATERI LANJUTAN ==>>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Iklan: Pengertian dan Jenis-jenis Iklan Menurut Para Ahli"

Post a Comment