Pengertian Surat Pembaca beserta Contohnya

Surat pembaca adalah surat yang berisi kritikan, masukan, ucapan terima kasih, imbauan dan sebagainya kepada pihak lain. Surat pembaca digolongkan kedalam surat pribadi karna selain ditulis secara pribadi. Surat pembaca biasanya dimuat di surat kabar atau majalah.
Pengertian Surat Pembaca beserta Contohnya
Surat Pembaca

Surat pembaca umumnya berjumlah sekitar tiga hingga lima paragraf. Isi dari surat pembaca sebaiknya dibuat sejelas mungkin, tidak bertele-tele agar tidak membingungkan pembaca kelak.

Dalam penulisannya sama halnya dengan bentuk surat pribadi, tetapi bahasanya lebih formal. Masalah yang disampaikan harus singkat, padat, dan jelas. Selain itu harus serta disertai fakta yang jelas, seperti hari, tanggal, dan waktunya.

Sistematika surat pembaca, minimal ada judul, permasalahan, harapan, nama dan alamat pengirim. Hal-hal pokok yang ada dalam surat pembaca, menyangkut jawaban dari apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana (Adik Simba). Surat pembaca harus disertai dengan data diri dan tanda pengenal yang masih berlaku.

Contoh Surat pembaca

Salah satu pengguna jalan Pasteur Bandung merasa kesulitan bila hendak menyebrang. Dikarenakan volume kendaraan yang padat dan tidak pernah sepi ditambah lagi laju kendaraan rata-rata cepat. Salah satu usaha penanganannya adalah menulis surat pembaca dengan harapan dibuatkan jembatan penyebrangan.

Pembahasan :

Surat pembaca tersebut berisi curahan hati seorang yang kesulitan menyebrang karena volume kendaraan yang padat dan laju kendaraan yang cepat. Selain itu, penulis mengusulkan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan dibuatkan jembatan penyebrangan.

Demikianlah materi singkat tentang surat pembaca yang meliputi pengertian surat pembaca dan contoh surat pembaca. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Baca Juga : Materi Surat Pribadi dan Contoh dalam Soal UN

Sumber: SUN sukses ujian nasional pemantapan materi Bahasa Indonesia SMP/MTs, dafa bintang reksa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Surat Pembaca beserta Contohnya"

Post a Comment