Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Eksposisi - Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang paragraf eksposisi, adapun pembahasan kali ini meliputi pengertian paragraf eksposisi, jenis-jenis paragraf eksposisi, dan contoh paragraf eksposisi. Selamat belajar.

Pengertian Paragraf Ekspositif

Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. Contoh tulisan eksposisi adalah berita di koran dan petunjuk penggunaan.
Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Eksposisi

Eksposisi merupakan sebuah paparan atau penjelasan. Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya, pembaca mendapat pengetahuan atau informasi yang yang sejelas-jelasnya.
Disinilah perbedaannya dengan karangan deskripsi. Karangan deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan sesuatu sehingga seolah-olah pembaca mengatakannya sendiri. Karangan deskripsi dapat bersifat ilmiah atau nonilmiah. Sumber karangan diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian, dan imajinasi.

Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup. hal ini sangat tergantung dari sifat karangan dan tujuan yang hendak dicapai.

Jenis-jenis Paragraf Eksposisif


  1. Eksposisi berita, berisi pemberitahuan mengenai suatu kejadian. Jenis ini benyak ditemukan pada surat kabar.
  2. Eksposisi ilustrasi, pengembangannya menggunakan gambaran sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Mengilustrasikan sesuatu dengan suatu yang lain yang memiliki kesamaan atau kemiripan sifat.
  3. Eksposisi proses, sering ditemukan dalam buku-buku petunjuk pembuatan, penggunaan, atau cara-cara tertentu.
  4. Eksposisi perbandingan, dalam hal ini penulis mencoba menerangkan ide dalam kalimat utama dengan cara membandingkannya dengan hal lain.
  5. Eksposisi pertentangan, berisi pertentangan antara suatu dengan suatu yang lain. frase penghubung yang biasa digunakan adalah "akan tetapi, meskipun begitu, sebaliknya".
  6. Eksposisi definisi, batasan pengertian sesuatu dengan memfokuskan pada karakteristik sesuatu itu.
  7. Eksposisi analisis, proses memisah-misahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa subbagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.
  8. Eksposisi klasifikasi, membagi sesuatu dan mengelompokkan kedalam kategori-kategori.
  9. Eksposisi laporan, sebuah teks berbentuk cerita yang menggambarkan kondisi yang ada di wilayah itu dan meneliti hingga hasilnya dilaporkan seperti layaknya dalam berita dan teks media massa.

Contoh Paragraf Ekspositif

Jatuhnya pesawat berkapasitas 266 penumpang airbus A300-600 merupakan peristiwa kedua bagi Amerika Airlines beberapa detik lepas landas dari bandar udara internasional O'Here Chicago, tiba-tiba mesin kiri lepas dari dudukannya. Pilot tidak bisa mengendalikan pesawat akibat keseimbangan pesawat mendadak berubah dengan jatuhnya mesin berbobot sekitar 5 ton. Pesawat mendarat dan menghujam tempat parkir kendaraan 31 detik kemudian dan 21 penumpang plus awak tewas seketika.Kecelakaan lain menyangkut mesin copot dialami oleh pesawat kargo E1-A1 milik flag carier Israel, 4 Oktober 1992. Mesin nomor empat atau yang paling ujung pada sayap kanan, tiba-tiba lepas akibat dua fuse-pin (buat dudukan mesin) lepas. Disusul kemudian oleh mesin nomor tiga. Mendadak kehilangan dua mesin, pilot tidak dapat mengendalikan pesawat dan menabrak gedung bertingkat di Amsterdam, Belanda. Empat awak tewas berikut 47 penghuni flat yang di tabrak.
Baca Juga : Pengertian dan Jenis-jenis Paragraf Eksposisi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paragraf Eksposisi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Contoh Paragraf Eksposisi"

Post a Comment