Materi Membaca Cerita Anak dan Soal yang Sering Muncul dalam UN

Materi Membaca Cerita Anak dan Soal yang Sering Muncul dalam UN - Berikut ini saya akan menjelaskan materi cara membaca amanat dari cerita anak, yang mana materi ini sering muncul dalam soal ujian nasional dari masa ke masa. Tujuan dari materi yang saya sampaikan adalah untuk mempermudahkan teman-teman dalam mengerjakan ujian nasional. Yuk kita simak pembahsannya.
Materi Membaca Cerita Anak dan Soal yang Sering Muncul dalam UN
Amanat Cerita Anak

Amanat Cerita Anak

Amanat adalah sesuatu yang hendak di sampaikan oleh pengarang kepada pembaca melalui karyanya (Imron Rosidi). Amanat berbentuk kalimat perintah halus: ajakan, himbauan, perintah berbuat baik, atau larangan.

Contoh Soal UN:

Bacalah kutipan cerita berikut!

 ... "Mereka memperbaiki saluran air sungai yang terhambat sampah. Air sungai meluap dan menjadi banjir, karena tersumbat sampah di Kampung Ambarsari. Sampah menumpuk, sehungga air naik kerumah-rumah penduduk. Kita berdoa ya, Nak! Semoga Ayahmu beserta orang-orang berhasil membuka sumbatan sampah di sana, dan pulang dengan selamat," ucap Buk Fathimah.

Amanat yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ...

A. Jangan memaksakan kehendak
B. Buanglah sampah pada tempatnya
C. Sesama harus saling menyayangi
D. Hukum berlaku untuk siapapun

Kunci : B


Pembahasan: 

Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan secara implisit melalui percakapan tokoh agar kita membuang sampah pada tempat sampah.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Materi Membaca Cerita Anak dan Soal yang Sering Muncul dalam UN. Semoga bermanfaat bagi para pelajar khususnya di Indonesia yang kita cintai ini. Terima kasih. Salam sukses
Baca Juga : Cerpen: Cara Pengarang Menggambarkan Watak Tokoh dan Contoh Soal UN

Sumber : Sukses Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMP/MTs

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Membaca Cerita Anak dan Soal yang Sering Muncul dalam UN"

Post a Comment