Materi Cerpen Terlengkap yang Sering Muncul Ketika UN dan Contoh Soal UN

Materi Cerpen Terlengkap yang Sering Muncul Ketika UN dan Contoh Soal UN - Hai sobat yang cerdas. Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang materi cerpen yang sering muncul ketika ujian nasioal. Tujuan materi ini untuk mempermudah para pelajar mengerjakan soal ujian nasional. Silahkan teman-teman pelajari dengan penuh konsentrasi dan percaya diri. Selamat belajar.

Cerpen adalah cerita rekaan yang masalahnya singkat, jelas, padat, dan terkonsentrasi pada suatu peristiwa. (Tarigan, 1984: 138).
Materi Cerpen Terlengkap yang Sering Muncul Ketika UN dan Contoh Soal UN

Latar atau setig mengandung pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa (Fatmawati, 2010: 12). Latar waktu dapat diketahui melalui lokasi terjadinya peristiwa yang diceritakan dalam cerpen. Untuk soal UN, soal yang sering muncul adalah menentukan buktinya.

Contoh Soal :

Bacalah kutipan cerpen berikut!

Sambil tiduran pikiranku terus berjalan-jalan. Ayah selalu marah jika pulpen, kertas dan berkas-berkas kerjanya tak tersimpan lagi di dalam tasnya, juga sepatu dan perlengkapan kerja lainnya. Padahal setiap pulang kerja, ayah selalu menaruh tas kerjanya di tempat sembarangan. Terkadang berkas-berkasnya selalu diletakkan begitu saja setelah selesai ayah membacanya. Tentu saja, kebiasaan ini membuat ibu menjadi sangat baik.

"Sudahlah," Dayu memegang tangan Airin. 
"Kenalkan, ini pamanku."
"Aku juga datang dengan Papa, Mama, dan adikku. Ayo kita ke sana!"
Airin mendorong kursi Dayu, berjalan diatas pasir putih yang lembut. Matahari hampir mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.

Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di.....

A. ruang kerja
B. ruang makan
C. kamar tamu
D. kamar tidur

Kunci : D

Pembahasan :

Latar tempat dalam cerita tersebut adalah di kamar tidur. Hal ini di dukung oleh bagian cerita tersebut, yaitu ... Sambil tiduran, pikiranku terus berjalan-jalan ...

Baca Juga : Materi Lengkap Cerpen: Pengertian, Ciri-ciri, dan Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Cerpen Terlengkap yang Sering Muncul Ketika UN dan Contoh Soal UN"

Post a Comment