Contoh Puisi Baru dan Unsur Intrinsik Puisi Baru

Contoh Puisi Baru dan Unsur Intrinsik Puisi Baru - Puisi baru adalah suatujenis puisi modern yang sudah tidak terikat lagi oleh aturan-aturan atau dibuat secara bebas oleh sang pengarang, dan puisi ini ada atau lahir setelah puisi lama. (Puisi yang bebas baik dari segi suku kata, baris, atau rimanya).
Puisi baru merupakan puisi yang bersifat fleksibel atau lebih bebas dalam beberapa aturan jika dibandingkan dengan puisi lama. Keluesan tersebut tampak dari rima, tipografi, dan sebagainya.
Contoh Puisi Baru dan Unsur Intrinsik Puisi Baru

Contoh Puisi Baru 

Hari ini tak ada tempat berdiri

Sikap lamban berarti mati

Siapa yang bergerak merekalah yang didepan

Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas


(iqbal)

Parafrase Puisi

Parafrase puisi adalah menambahkan sebuah kata dalam puisi sehingga puisi menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Parafrase contoh puisi diatas

Hari ini tak ada tempat untuk berdiri, sikap lamban mebuat kita menjadi mati, siapapun yang bertindak cepat, maka merekalah yang didepan dan siapa yang menunggu walaupun hanya sejenak saja, pasti mereka akan tertinggal.

Unsur Intrinsik Puisi Baru

  1. Tema dan Amanat, merupakan ide pokok yang menjiwai keseluruhan puisi. Adapun amanat adalah pesan dalam puisi.
  2. Citraan, adalah gambaran angan yang dihadirkan penyair dalam tatanan kata-kata puisi. Dalam puisi terdapat bermacam-macam citraan, seperti citraan pendengaran, citraan rabaan, dan citraan penglihatan.
  3. Rima, ialah persajakan atau pola bunyi yang terdapat dalam puisi.
  4. Diksi, erupakan pilihan kata yang digunakan penyair dalam membangun puisinya. Setiap kata yang digunakan mengandung nafas penciptanya, berisi jiwa dan perasaan pikiran penyairnya.
  5. Irama, dihadirkan oleh rima, permainan bunyi atau gaya repetisi. Irama berfungsi untuk menguatkan keindahan puisi, memberi jiwa pada kata-kata dan membangkitkan emosi.
  6. Pusat pengisahan, merupakan cara penyampaian ide, gagasan puisi yang mencakup siapa yang berbicara dan kepada siapa yang ditunjukan.
  7. Korespondensi, merupakan hubungan yang padau baik antar lirik-lirik dalam bait maupun antarbait yang diikat oleh tema dalam kesatuan logis.
Demikianlah pembahasan pengertian puisi baru, contoh puisi baru, parafrase puisi, unsur intrinsik puisi baru, semoga dapat bermanfaat bagi kamu sekalian. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Puisi Baru dan Unsur Intrinsik Puisi Baru"

Post a Comment